Kamis, 15 Januari 2015

Asalammu'alaikum :)

Hi Friend.. pada momen ini, aku mau bahas sekilah tentang lalapan..
kalo aku survei di keluargaku, pasti makan nggak bisa jauh dari lalapan. mungkin terlihat sepele tentang bagaimana cara memilih lalapan yang baik dan sehat tentunya butuh banyak info..

nah, pada kesempatan ini, aku mau bahas tentang satu lalapan daun yang lumayan mencakup gizi tubuh, yaitu Daun Kemangi

banyak orang yang percaya bahwa daun kemangi bisa menghilangkan bau mulut atau bau badan jika dikonsumsi rutin. rasa dan baunya yang khas membuat lalapan satu ini banyak digemari oleh orang banyak orang. namun nggak semua orang suka dengan daun kemangi termasuk aku.. :( rasanya yang agak getir dan menimbulkan efek pedas gatal ditenggorokan membuat tidak sedikit orang yang tidak menyukai lalapan satu ini, padahal kalau dilihat dari segi gizi, menurut aku ini paling sehat..

wangi khas dari daun ini berasal dari senyawa sitrat yang banyak terkandung dalam daun dan bunganya dan mungkin juga senyawa atsiri yang membuat baunya begitu khas. nah, ada beberapa senyawa penting lainnya yang terkandung dalam daun kemangi. baik, mari uraikan ^_^

1. Flavonoids dikenal sebagai salah satu substansi antioksidan yang berkekuatan sangat kuat hingga dapat menghilangkan efek merusak yang terjadi pada oksigen dalam tubuh manusia. Fungsi flavonoid sebagai antivirus telah banyak dipublikasikan, termasuk untuk virus HIV (AIDS) dan virus herpes. Selain itu, flavonoid juga dilaporkan berperan dalam pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit lain seperti asma, katarak, diabetes, encok/rematik, migren, wasir, dan periodontitis (radang jaringan ikat penyangga akar gigi). Selain itu flavonoid juga berfungsi sebagai :
melindungi struktur sel dalam tubuh
meningkatkan penyerapan dan penggunaan vitamin C dalam tubuh
sebagai obat anti inflamasi (Radang)
mencegah pengeroposan tulang
sebagai antibiotik
sebagai antivirus, bahkan fungsinya sebagai antivirus HIV/AIDS telah banyak diketahui dan dipublikasikan
mengahambat pertumbuhan kolesterol jahat LDL dalam darah
mencegah terjadinya atherosklerosis, suatu keadaan di mana dinding arteri menjadi lebih tebal
membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh


2. Anetol
Senyawa anetol dalam bentuk minyak esensial banyak digunakan sebagai bumbu masak. Selain itu senyawa ini banyak dipakai untuk kepentingan sintesa farmasi dan tergolong sebagai bahan perintis dalam pembuatan obat-obatan rekreasi dan sikedelik.

3. Asam Sitrat
Asam sitrat digunakan di dalam industri bioteknologi dan obat-obatan untuk melapisi (passivate) pipa mesin dalam proses kemurnian tinggi sebagai ganti asam nitrat, karena asam nitrat dapat menjadi zat berbahaya setelah digunakan untuk keperluan tersebut, sementara asam sitrat tidak.
Asam sitrat dapat pula ditambahkan pada es krim untuk menjaga terpisahnya gelembung-gelembung lemak.
Dalam resep makanan, asam sitrat dapat digunakan sebagai pengganti sari jeruk. Sifat sitrat sebagai larutan penyangga digunakan sebagai pengendali pH dalam larutan pembersih dalam rumah tangga dan obat-obatan
.

4. Minyak Atsiri
Minyak atsiri membantu mengelola stres dan mempromosikan relaksasi.
Minyak atsiri sangat aktif terhadap bakteri, jamur dan virus dengan kekuatan kulit lebih baik penetrasi dari antibiotik konvensional. Oleh karena itu mereka dapat bermanfaat sangat baik terhadap berbagai macam infeksi kulit.

Minyak atsiri menyeimbangkan produksi sebum dan karenanya sangat baik untuk mengobati semua jenis kulit, kering, berminyak, kombinasi dan normal

Minyak atsiri adalah antiseptik. Minyak atsiri telah ditunjukkan untuk menghancurkan semua bakteri uji dan virus sekaligus mengembalikan keseimbangan tubuh.
Dengan membantu meningkatkan asimilasi nutrisi pada tingkat sel dan menyediakan oksigen yang dibutuhkan, minyak esensial dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh.
Minyak atsiri mengandung blok bangunan untuk kesehatan yang baik, termasuk mineral dan asam amino.
Minyak atsiri memiliki kemampuan untuk mencerna bahan kimia beracun dalam tubuh.
Minyak atsiri merangsang aktivitas enzimatik, mendukung kesehatan pencernaan.
Minyak atsiri adalah antioksidan kuat. Antioksidan menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi radikal bebas, sehingga membantu untuk mencegah mutasi. Sebagai pemulung radikal bebas, mereka juga dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan oksidasi dalam sel.

5. Eugenol
Eugenol digunakan dalam minyak wangi, penyedap, minyak esensiil dan dalam obat sebagai antiseptik dan anastesi lokal. Eugenol merupakan bahan kunci dalam rokok kretek (cengkeh) Indonesia. Turunan Eugenol atau turunan metoksifenol dalam klasifikasi yang lebih luas digunakan dalam minyak wangi dan penyedap. Senyawa ini digunakan dalam meracik atraktan serangga dan penyerap UV, analgesik, biosida, dan antiseptik.
Senyawa ini dapat digunakan untuk mereduksi adanya Listeria monocytogene dan Lactobacillus sakei pada makananEugenol membasmi sel kanker kolon tertentu pada manusia melalui jalur in vitro.

6.    Boron
- meningkatkan kesehatan tulang
- meredakan radang sendi (arthritis)
- mengurangi gejala menopouse
- meringankan masalah kardovaskular
- menurunkan kolestrol
- mendukung fungsi
otak
- memerangi infeksi jamur


7. 1-8 Sineol
- mencegah ejakulasi dini
- anti kholinesterase  perangsang  aktivitas syaraf pusat
- memperluas pembuluh darah kapiler


8. Stigmasterol
- Mengatasi Gejala Penyakit Diabetes.
- Meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.


9. Betakaroten (provitamin-A)
-
Setelah dikonsumsi, beta karoten akan dipecah oleh mukosa di usus kecil. Hasilnya akan berupa vitamin A yang mudah larut yang kemudian didistribusikan ke seluruh tubuh.
-
membantu kesehatan kulit agar mampu bernapas dan terbebas dari kotoran.
- memperbaiki sel batang dan sel kerucut pada retina serta membantu penglihatan secara umum.
- hasil penelitian menemukan bahwa beta karoten mencegah penurunan kemampuan kognitif akibat usia.
- karena sifatnya sebagai anti-oksidan, maka mencegah kerusakan pada sel.
- menrunkan resiko terkena penyakit jantung dan kanker.
- meningkatkan kapasitas paru-paru, sehingga menghindari penyakit asma, bronkitis, efisema.
- Beta karoten juga membantu mengaktifkan kelenjar thymus, yaitu salah satu faktor paling penting untuk kekebalan tubuh. Kelenjar timus akan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan virus, dan menghancurkan sel-sel kanker sebelum
menyebar.
10. Arginine
-
memperkuat daya tahan hidup sperma.
-
mencegah kemandulan
-
mengurangi terjadinya penumpukan lemak
-
menghambat pertumbuhan sel kanker payudara


11.
Fosfor
-
meningkatkan fungsi otot dan syaraf agar tetap baik
-
menjaga kekuatan tulang dan gigi
-
pembentukan protein
-
kesehatan Otak
-
memperbaiki sel tubuh
-
melancarkan buang air kecil
-
memelihara kesehatan ginjal
-
menjaga keseimbangan hormon
-
Meningkatkan metabolisme
-
Sangat penting dalam beberapa proses kimiawi tubuh




Dari pembahasan diatas, kita tahu bahwa mengkonsumsi daun kemangi ini sangat banyak khasiatnya jika diuraikan satu per satu. Namun, mengkonsumsi daun kemangi harus dalam jumlah yang wajar atau tidak berlebihan, karena kelebihan makan daun kemangi juga akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh kitakemangi sebenarnya dapat menurunkan gula darah. Tapi ini tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes. Menggigil, pusing, hingga pingsan dapat terjadi saat keduanya bertemu. Sangat tidak dianjurkan mengonsumsi kemangi bersamaan dengan obat anti penggumpalan darah. Pendarahan bisa terjadi apabila keduanya dikonsumsi bersamaan. Eugenol ini dapat menyebabkan nafas pendek, darah di air seni, tenggorokan dan lidah yang terasa terbakar, jantung berdebar, dan mual. Eugenol ini sama dengan yang ada di dalam cengkeh. Kemangi juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat yang bersifat acetaminofen karena kemangi bersifat anti peradangan.




Sekian info dari aku, maaf bila ada kesalahan

Asalammu'alaikum.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar